Cara rilis lagu ke Spotify

 Di era digital ini semuanya menjadi serba praktis, salah satunya di segi industri musik yang terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan pasar milenial saat ini. Semenjak hadir Digital Stores seperti Spotify orang – orang sudah jarang membeli karya musik fisik seperti dulu di era Kaset tape, Vinyl dan CD. Kecuali para kolektor musik dan beberapa orang yang mempunyai effort besar kepada musik untuk menghargai sebuah karya dari pelaku musik atau idolanya.

Untuk tetap bertahan di industri musik para pelaku musik dan publisher mulai mendisribusikan musik mereka ke digital stores seperti Spotify, Itunes, Apple Music, Deezer dll. Bagi musisi – musisi besar mudah untuk mendisribusikan karya mereka ke Digital Stores, lalu bagaimana dengan para musisi indie?

Berdasarkan pengalaman waktu pertama kali mencari informasi mengenai Cara rilis lagu ke Spotify, akhirnya saya menemukan sebuah media publisher bernama Netrilis. Saat itu awalnya penasaran bagaimana dan mencoba submit satu lagu milik band teman saya yang bernama “Sebut saja mawar”. Tidak, itu bukan nama samaran tapi memang nama bandnya Sebut saja mawar. Unik kan.. 😀 single mereka yang berhasil saya disribusikan berjudul Superman Power kini sudah bertengger di digital stores. Untuk melihat buktinya silahkan klik disini

Netrilis adalah media publisher lokal yang berkantor di jogja. Seperti apa cara maupun syarat yang harus di ketahui sebelum mendisribusikan karya kamu di Netrilis akan saya paparkan di bawah ini:

  • No Sign-up Required

Melalui Netrilis, kamu nggak perlu pendaftaran untuk meng-upload lagu ke online music stores. Semua terintegrasi dengan akun Google atau Gmail kamu.

  • Fast Releases

1 s/d 2 Minggu dari Approved rilisan kamu live di semua stores partners Netrilis.

  • Lifetime & No Annual Fee

Masa Edar lagu berlaku selamanya (kecuali Netrilis dan atau partners melakukan perubahan). Serta tidak ada biaya tahunan.

  • No Youtube Copyright Claim

Channel Youtube artis bebas dari klaim hak cipta dan copyright sepenuhnya milik Artist.

  • Custom Record Label

Kamu bisa merilis musik dengan nama Record Label sendiri dengan tarif murah, yaitu Rp.25.000,- per rilis.

  • Spread the Word

Dapat diartikan sebagai Promosi, dimana setiap musik yang dirilis via Netrilis akan di posting secara auto ke banyak halaman di internet (Social Media, Blog dan Web). Termasuk melalui akun official Netrilis maupun whitelist brands.

  • Professional Support

Netrilis adalah perusahaan berbadan hukum CV Netrilis. Dan Revenue share (75% Artists, 25% Netrilis) adalah alasan mendasar Netrilis bekerja secara profesional dalam me-manage, mendistribusikan dan melakukan pengembangan terkait boosting sales untuk rilisan Artists.

Untuk price list/biaya yang harus kamu bayar adalah sebagai berikut:
Karya Original kirim ke 3 Stores biayanya= Rp.35.000

Karya Original kirim ke All Stores biayanya= Rp.50.000

Cover Version kirim ke 2 Stores biayanya= Rp.50.000

Cover Version kirim ke All Stores biayanya= Rp.100.000

  • Biaya hanya dibayarkan ketika musik lolos moderasi dan siap live di stores
  • 3 Stores (Karya Original): iTunes, Spotify & Deezer
  • 2 Stores (Cover Version): Spotify & Deezer
  • All Stores: iTunes, Apple Music, Spotify, semua partners Netrilis dan terus bertambah
  • Durasi live di digital stores lifetime (selama tidak ada perubahan dari Netrilis & atau partners.
  • Custom Label: Rp.25.000 / rilis
  • Perlindungan Hak Cipta (Content ID): Rp.15.000 / track
  • Hak-Cipta/©/Copyright sepenuhnya dimiliki oleh artist

Selain mendisribusikan ke digital stores, Netrilis juga melayani: Perlindungan Hak Cipta penggunaan musik di internet, khususnya untuk setiap video yang mengandung lagu kamu di youtube dan Rilis musik secara fisik dengan High Quality Copy CD, Professional CD Covers & Budget Band Indie!

Selengkapnya kamu bisa mengunjungi website resmi Netrilis di www.netrilis.com

Tinggalkan Komentar