satsfaucet.com

Siapa yang Membuat Bitcoin?

Mengungkap pencipta Bitcoin: Siapa Satoshi Nakamoto? Jelajahi identitas misterius di balik mata uang digital revolusioner ini.

Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, (hampir pasti) sebuah nama samaran, yang hingga hari ini belum ada seorang pun yang dapat secara meyakinkan menghubungkannya dengan orang atau sekelompok orang yang sebenarnya. Nakamoto menghilang dari internet pada tahun 2011, meninggalkan sedikit petunjuk tentang siapa "mereka". Selama bertahun-tahun, banyak orang secara terbuka mengaku sebagai Satoshi, semuanya gagal mendukung pernyataan tersebut dengan fakta yang tidak dapat disangkal.

Dalam forum awal bitcointalk, Satoshi mengatakan bahwa mereka mulai mengerjakan Bitcoin pada tahun 2007, dua tahun sebelum blok pertama ditambang. Blok Genesis, atau blok pertama dalam blockchain Bitcoin, ditambang pada tanggal 3 Januari 2009. Nakamoto adalah penambang blok Genesis, menerima 50 bitcoin pertama yang pernah diedarkan. Namun, hadiah dari blok pertama ini tidak dapat digunakan karena keunikan dalam cara blok Genesis diekspresikan dalam kode. BitMEX Research telah menerbitkan analisis pada hari-hari awal penambangan Bitcoin dan menyimpulkan bahwa “seseorang” menambang 700,000 koin. Meskipun banyak yang berasumsi ini adalah Satoshi, secara resmi hal ini masih belum terbukti.

Kita hanya bisa membayangkan ketenaran yang akan diterima Satoshi Nakamoto jika identitas mereka terungkap, belum lagi kekayaan besar yang ingin mereka kumpulkan (meskipun Satoshi tampaknya tidak menghabiskan satu pun koin yang seharusnya mereka tambang). Seiring berjalannya waktu, ada banyak contoh orang yang mengaku sebagai Satoshi, dan ada pula yang diyakini sebagai Satoshi.

Klaim Palsu

Salah satu kasus paling terkenal tentang seseorang yang mengaku sebagai Satoshi adalah yang dilakukan oleh Craig S. Wright, seorang akademisi Australia. Wright, pada awal tahun 2015, telah mencoba berkali-kali untuk memberikan demonstrasi publik dengan bukti yang tidak dapat disangkal bahwa dia adalah penemu Bitcoin, namun dia belum berhasil hingga saat ini. Faktanya, “bukti”-nya terbukti palsu.

Dorian Nakamoto, seorang pria di California, pernah secara terbuka diberi gelar sebagai pencipta Bitcoin oleh seorang jurnalis surat kabar yang melihat beberapa kesamaan antara kedua Nakamoto, yang paling jelas adalah nama belakang mereka. Namun, dengan sangat cepat, klaim ini ditolak oleh Dorian dan juga dibantah.

Kelompok orang lain yang menarik perhatian seputar identitas Satoshi yang tidak diketahui adalah kriptografer dan ilmuwan komputer. Hal Finney, seorang kriptografer terkenal yang merupakan orang pertama yang menerima bitcoin dari Satoshi Nakamoto, adalah salah satu tersangka paling terkenal karena keterlibatan awalnya dalam bidang tersebut. Kurang dari setahun setelah Bitcoin diciptakan, Satoshi dan Hal Finney bertukar beberapa postingan di forum diskusi Bitcoin, membahas hal-hal seperti teknologi dan implikasinya di masa depan. Finney meninggal karena ALS pada tahun 2014, menyebabkan beberapa orang berspekulasi mengenai sejauh mana keterlibatannya dengan mata uang terdesentralisasi pertama di dunia. Nick Szabo adalah kriptografer terkenal lainnya yang menciptakan Bit Gold, mata uang digital yang ditemukan beberapa tahun sebelum Bitcoin. Fakta bahwa dia tampaknya tidak terlibat langsung dengan penciptaan Bitcoin, meskipun proyeknya sangat mirip dengan itu, telah membuat beberapa orang berspekulasi bahwa dia mungkin juga pencipta Bitcoin.

Mengapa Satoshi Harus Anonim?

Satoshi Nakamoto, pencipta mata uang terdesentralisasi pertama di dunia, harus tetap anonim karena sifat penciptaannya. Setelah membuat protokol tanpa titik utama kegagalan, Nakamoto mungkin menyadari bahwa mempertahankan anonimitasnya dapat menghilangkan titik utama kegagalan terakhir yang mungkin dimiliki Bitcoin: orang yang menciptakannya. Menghapus identitas tunggal yang dapat dikaitkan dengan kemunculan Bitcoin berarti menghilangkan segala wajah yang dapat mempengaruhi politik, aturan, atau pengambilan keputusan komunitas Bitcoin.

Siapa pun Satoshi, tidak dapat disangkal bahwa mereka adalah seorang jenius di zaman kita. Protokol Bitcoin memberikan insentif ekonomi di semua tempat yang tepat sehingga menghasilkan solusi luar biasa terhadap Masalah Jenderal Bizantium. Satoshi Nakamoto menerapkan konsep-konsep dari kriptografi, matematika, teori permainan, dan ekonomi untuk menciptakan aset digital langka yang dirancang dengan indah — dan pertama di dunia — yang disebut Bitcoin.

Sumber artikel: bitcoinmagazine.com
Diterjemahkan oleh: Abengkris

Baca juga:
Stay curious and keep learning.